Pulau Pari

Pulau Pari Kepulauan Seribu

destinasi-wisata-pulau-pari

Pulau Pari merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Kepulauan Seribu yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dari berbagai daerah dan juga wisatawan asing disetiap akhir pekannya. Keindahan alam Pulau Pari yang sangat mempesona ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, dengan keindahan pantai dan biota laut yang begitu indah dapat memanjakan mata bagi para pengunnjungnya.

Gambaran Umum Pulau Pari
Secara Administratif Pulau Pari berada di wilayah Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta. Luas wilayahnya sekitar 40,32 hektar dengan jumlah penduduk relatif sedikit dibandingkan pulau – pulau pemukiman lainya di wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang hanya berjumlah kurang lebih 930 jiwa dengan jumlah RW 1 (satu) jumlah RT 4 (empat). Penduduk Pulau Pari merupakan pencamuran dari berbegai suku, yaitu suku betawi, sunda, bugis, jawa dan bima sehingga penduduk setempat menggunakan bahasa Kepulauan Seribu yang nerupakan perpaduan bahasa dari suku – suku tersebut. Penduduk Pulau Pari 100% memluk agama islam sehingga kehidupan sosialnya dipengaruhi unsur – unsur dari agama islam. Penduduk Pulau Pari mayoritas bermatapencarian sebagai nelayan yang setiap akhir pekannya beralih profesi sebagai tour guide bagi para wisatawan dan ada juga berpofesi sebagi guru, pedagang serta buruh. Dengan berkembangnya wisata di Pulau Pari perekonomian masyarakat Pulau Pari kini menjadi lebih baik.

Destinasi Wisata Pulau Pari
Ada beberapa objek wisata di Pulau Pari yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, yaitu pantai pasir perawan, pantai bintang, pantai bintang, hutan mangrov dan bukit matahari. Pantai di Pulau Pari memang sangat mempesona dengan pasir pantainya yang putih dan air lautnya yang jenih. Tidak cuma itu pemandangan biota laut di Pulau Pari juga sangat indah yang bisa dijadikan sebagai spot untuk snorkeling maupun diving. Seperti pada umumnya wisata Pulau Pari juga menyediakan beberapa permainan water spot seperti banana boat, rolling donut dan jetski.

Sarana dan Prasarana Pulau Pari
Jenis sarana trasportasi yang ada di Pulau Pari terdiri dari trasportasi darat dan laut. Trasportasi darat meliputi motor, sepeda dan gerobak. Sarana transportasi tersebut didukung dengan prasarana jalan yang terbuat dari paving block dan sarana penerangan jalan serta rumah selama 24 jam. Sarana air bersih yang digunakan untuk kebutahan minum dan memasak mengunakan air hasil penyulingan Reverse Omosis (RO) yang diberikan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutahan penduduk di Pulau Pari, sedangkan air yang digunakan untuk keperluan MCK bisa didapat dari sumur menggunakan mesin pompa air. Untuk sarana kesehatan penduduk di Pulau Pari telah dibangun Puskesmas yang buka 24 jam untuk dapat melayani penduduk dan para wisatawan selama di Pulau Pari. Sarana pendidikan di Pulau Pari terdiri dari PAUD, Taman Kanak – kanak, Madrasah Diniyah, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, untuk melanjutkan Sekolah Menengah Atas penduduk Pulau Pari harus menyebrang ke Pulau Tidung atau ke Pulau Pramuka karna hanya pulau tersebut yang memiliki Sekolah Menengah Atas. Sarana ibadah di Pulau Pari memiliki 1 (satu) masjid dan 2 (dua) mushola. Di Pulau Pari kini juga sudah berdiri sebuah kantor polisi namun ada beberapa fasilias penujang yang belum tersedia di Pulau Pari seperti mesin ATM , jadi bagi para wisatawan yang berlibur ke Pulau Pari harus menbawa uang cash untuk kebutuhan selama disana.

Demikian informasi destinisai wisata Pulau Pari semoga dapat bermanfaat bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Pari.